02 Oktober, Peringatan Hari Batik Nasional

Guys jangan lupa besok tanggal 02 Oktober loh, artinya apa? Yuk simak.
UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 02 Oktober 2009. Setelah penetapan itu, maka Indonesia memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional. Hal ini juga dikuatkan dengan keputusa Presiden Nomor 23 Tahun 2009. Biasanya beragam lapisan masyarakat dianjurkan mengenakan pakaian batik, baik pegawai pemerintahan, BUMN maupun pelajar.

Jadi batik itu apa dan gimana sejarahnya? Pasti beberapa orang masih ada yang belum tahu, kan. Batik merupakan kain bermotif atau bergambar dibuat secara khusus, kemudian diproses dengan cara tertentu sehingga menghasilkan gambaran yang khas. Batik di Indonesia, merupakan keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait. Teknik pewarnaan dengan menggunakan ‘malam’ untuk menutupi sebagian dari kain dalam pewarnaan, dimana dengan teknik tersebut dibuat motif-motif tertentu yang memiliki keunikan dan arti tertentu.

Diperlukan kesadaran dan transfer pengetahuan untuk melestarikan budaya batik ini sampai ketingkat pengrajin local yang membuat motif masih menggunakan tangan (batik tulis). Awalnya batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang akrab kita sebut degan kain mori. Sementara dewasa ini, batik juga sudah dibuat di atas bahan lain seperti sutera, polister, rayon, serta bahan – bahan sintetis lainnya.

Motif untuk batik dibentuk dengan cairan lilin atau malam, dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang ingin diaplikasikan, warna yang digunakan biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Walaupun kata “batik” berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Roufarfaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7. Sedangkan dalam literatur Eropa, teknik batik ini pertama kali diceritakan dalam buku Hitory of Java (London, 1817) tulisan Sir Thomas Stamford Raffels. Ia pernah menjadi Gubernur Inggris di Jawa semasa Napoleon menduduki Belanda.

Pada 1873 seorang saudagar Belanda Van Rijekevorsel memberikan selembar batik yang diperolehnya saat berkunjung ke Indonesia ke Museum Etnik di Rotterdam dan pada awal abad ke-19 itulah batik mulai mencapai masa keemasannya. Sewaktu dipamerkan di Exposition Universelle di Paris tahun 1900, batik Indonesia memukau publik dan seniman dunia.

Anyway, sekarang batik sudah dikemas secara moderen loh. Selain dibuat menjadi pakaian, batik juga disulap dalam bentuk lain, seperti tas, sepatu, topi, dompet, dll. Bahkan cassingcass handphone juga ada yang bermotif batik loh manteman.

Selamat hari batik nasional 

Baca Juga :
Untuk Peringati Hari Kopi Internasional, Ada 500 Cangkir Kopi Gratis
Referensi Tempat Belanja di Bangkok Yang Aman Dikantong
Mangga Alpukat, Buah Langka Yang Lagi Ngehitz!

Facebook Comments
Please follow and like us:

1 tanggapan pada “02 Oktober, Peringatan Hari Batik Nasional”

  1. Pingback: Efek Berbahaya Akibat Suntik Putih - Jaktimes

Tinggalkan Balasan