Dianggap Gulma Cipliukan Punya Segudang Manfaat

Dianggap Gulma. Siapa Sangka Cipliukan Punya Segudang Manfaat

Dianggap Gulma. Siapa Sangka Cipliukan Punya Segudang Manfaat

Ceplukan atau ciplukan adalah nama sejenis buah kecil ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah satu ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti cecenet, nyurnyuran dan kopok-kopokan. Yang lahirnya era 90-an pasti akrab banget deh dengan buah ini, ya gak?

Dulunya buah dengan nama physalis angulata ini juga dianggap sebagai gulma bagi sebagian orang karena tumbuh amat banyak serta tumbuh liar di berbagai tempat, di pinggir jalan, kebun, atau area persawahan. Namun saat ini tanaman ceplukan sudah jarang ditemui. Maka tidak heran jika saat ini buah tersebut dijual dengan harga mahal.

Any way, kalian tahu gak guys? Ternyata buah ciplukan ini mempunyai segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, loh. Penasaran?

Mengobati kanker payudara
Kanker payudara memang terdengar sebagai penyakit yang mengerikan bagi kaum hawa. Tapi siapa sangka kalau ternyata buah ciplukan bisa mengobati penderita penyakit ini. Caranya mudah yaitu pucuk pohon ciplukan yang muda campur dengan empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian giling bersamaandengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu, ditempelkan ramuan tadi pada payudara yang terserang kangker. Lakukan secara rutin ya.

Mengobati penyakit jantung
Caranya cukup mudah, ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti akan membuat jus, minumlah tanpa menggunakan campuran apa-apa. Atau kita juga bisa memakan secara langsung, tapi pastikan anda sudah mencuci bersih daun tersebut ya.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Caranya yaitu dengan meminum air dari rebusan daun, buah dan akar ciplukan selama tiga minggu berturut-turut.

Mengobati stroke
Nah biasanya darah tinggi itu identik dengan terserang stroke kan? Jangan khawatir, anda mulai sekarang bisa meminum dan memakan bagian-bagian dari buah ciplukan secara rutin untuk membantu menyembuhkan dari penyakit stroke.

Sebagai obat asma
Pengaplikasian ciplukan sebagai obat asma juga tergolong mudah. Ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Atau ambil daunnya, kemudian campur dengan kapur sirih lalu dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan. Kemudian basahkan dengan air. Setelah itu gumpalkan pada telapak tangan sehingga keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.

Penawar racun
Anda dapat menggunakan semua bagian dari buah ciplukan untuk dikonsumsi sebagai penawar racun.

Mengobati kencing manis
Caranya yaitu dengan merebus seluruh bagian batang dan akar dari buah Ciplukan, lalu minumlah air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

Kemampuan kognitif

Ciplukan bisa menghindarkan seseorang dari gangguan kognitif tertentu, seperti penyakit alzheimer dan demensia. Sebab, ciplukan memiliki kandungan 15,4 mg vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi ciplukan dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada seseorang apalagi pada anda yang berusia muda, dapat meningkatkan memori, fokus, dan keterampilan berkonsentrasi.

Menghilangkan sakit persendian

Ambil dan campur daun ciplukan dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang sakit. Cukup mudah kan caranya.

Membuat kehamilan sehat

Mengonsumsi ciplukan secara rutin setiap hari, ternyata dapat memenuhi kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal tersebut tentu saja sangat baik untuk ibu hamil.

Menurunkan demam
Nggak hanya daun, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak loh.

Membersihkan kencing kotor
Anda cukup minum air rebusan dari akar sampai pucuk pohon buah ciplukan.

Menurunkan kolesterol
Daun dari buah ciplukan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol lho. Caranya engan memakan daun ciplikan dua helai sebanyak tiga kali sehari.

Untuk tambah darah
Kalau anda punya masalah kurang darah atau anemia, Anda dapat mengobatinya dengan mengkonsumsi rebusan air dari batang pohon ciplukan.

Untuk diketahui, meskipun ada segudang manfaat dari si buah ajaib ini. Jangan sekali-kali mengonsumsinya bersamaan dengan kopi ya, karena konon malah dapat menyebabkan keracunan.

Baca Juga;

Makeup Ke Kondangan Super Simple dan Cepet
Tutorial Membentuk Alis Paripurna Bagi Pemula
Inspirasi Hijab OOTD Kece Ala Artis dan Selebgram Hits Tanah Air

Facebook Comments
Please follow and like us:

1 tanggapan pada “Dianggap Gulma Cipliukan Punya Segudang Manfaat”

  1. Pingback: Desain Rumah Yang Lagi Kekinian Di Indonesia - Jaktimes

Tinggalkan Balasan