Gempa Bumi Guncang Jawa Timur Dan Bali

Gempa Bumi 6,4 Sr Guncang Jawa Timur Dan Bali. 3 Orang Dinyatakan Meninggal Dunia.

Gempa Bumi 6,4 Sr Guncang Jawa Timur Dan Bali. 3 Orang Dinyatakan Meninggal Dunia.

Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali, pada Kamis (11/10/2018) dini hari pukul 01.57 WIB. Dari hasil laporan BMKG menyatakan bahwa episenter gempa terletak pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Tepat pada kedalaman 12 km.

Masyarakat Sumenep dan Situbondo merasakan guncangan yang cukup kuat selama 2-5 detik. Seketika masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri masing-masing. Sedangkan daerah lain merasakan guncangan sedang selama 2-5 detik.

Data sementara melaporkan bahwa ada 3 orang meninggal dunia serta beberapa rumah mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Dampak terparah dirasakan oleh warga di kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep Jawa Timur. 3 orang yang meninggal dunia akibat gempa tersebut adalah Nuril Kamiliya (L/7), H. Nadhar (P/55), dan seorang laki-laki Dewasa (masih identifikasi), ketiganya berasal dari Desa Prambanan, Kecamatan Dayam, Sumenep. Karena gempa terjadi pada dini hari dan korban sedang tertidur, sehingga korban tak bisa menyelamatkan diri. Para korban meninggal akibat tertimpa oleh bangunan rumah yang roboh.

Selain 3 orang meninggal dunia, beberapa rumah serta tempat ibadah juga mengalami kerusakan. BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih terus melakukan pendataan. Untuk sementara, pendataan kerusakan rumah terdapat di wilayah Desa Jambuir, Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi. Di Kopedi, Kecamatan Bluto. Di Kertasada, Kecamatan Kalianget. Di Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang. Dan Masjid rusak di Desa Gedang Timur, Kecamatan Sepudi.

Bedasarkan dari analisis peta gempa, intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Benpasar, III MMI di Karangkates, III MMI di Gilianyar, III MMI di Lombok Barat, III MMI di Mataram dan III di Pandaan. Itu berarti gempa dirasakan dari intensitas ringan hingga sedang. Posko BNPB terus memantau perkembangan gempa serta penanganannya.

Baca Juga;

Tips Menghilangkan Noda Oli Pada Pakaian
Makan Yang Tepat Untuk Diet Yang Sehat

Makan Jengkol Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Loh!

Facebook Comments
Please follow and like us:

1 tanggapan pada “Gempa Bumi Guncang Jawa Timur Dan Bali”

  1. Pingback: Jawa Timur Dan Bali Diguncang Gempa Bumi 6,4 SR. Waga : Kami Siap-Siap Lari Ke Bukit - Jaktimes

Tinggalkan Balasan