Jawa Timur Dan Bali Diguncang Gempa Bumi 6,4 SR. Waga : Kami Siap-Siap Lari Ke Bukit

Jawa Timur Dan Bali Diguncang Gempa Bumi Mangitudo 6,4 SR. Waga : Kami Siap-Siap Lari Ke Bukit

Jawa Timur Dan Bali Diguncang Gempa Bumi Mangitudo 6,4 SR. Waga : Kami Siap-Siap Lari Ke Bukit

Gempa kembali mengguncang negeri ini, kali ini gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) dini hari pukul 01.57 WIB. Guncangan itu terasa di seluruh wilayah Jawa Timur meliputi Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, serta Kota Probolinggo. Dari hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa berada di laut tepat pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

 

Gempa di perairan Situbondo adalah gempa terkini dari rentetan lindu yang terjadi sepanjang sebulan terakhir. Sebelumnya, gempa-tsunami melanda Palu dan sekitarnya di Sulawesi Tengah. Kemudian gempa juga mengguncang Sumba, NTT.

Menurut laporan gempa juga tak hanya menggetarkan Jawa Timur. Erna Utami, warga Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, juga mengaku panik ketika merasakan guncangan dari gempa tersebut.

“Saaat itu saya sedang terlelap, langsung terbangun karena bunyi getaran kaca. Kemudian semua perabot rumah bergoyang, foto-foto di dinding berjatuhan. Panik luar biasa. Begitu terasa getarannya. Langsung gendong si adek, cari kerudung dan keluar rumah,” tutur Erna.

Sementara saat itu di luar rumah gelap. Para tetangganya berhamburan, mereka panik jika terjadi gempa susulan dan akan adanya potensi tsunami. Erna juga menambahkan, jika menurutnya momen tersebut sangat menakutkan bagi mereka, karena letak rumah mereka yang sangat dekat dari laut Selat Bali yaitu sekitar 300 meter.

“Di sebelah utara itu laut. Jadi kami takut tsunami. Kami sudah bersiap-siap lari menuju bukit di sebelah selatan. Ada tetangga yang langsung berlari ke laut untuk melihat apakah laut surut. Tak berapa lama dia kembali dan mengatakan, ‘situasi aman’,” tambahnya.

BMKG menyatakan bahwa tidak ada potensi tsunami akibat gempa tersebut.

Baca Juga;

Gempa Bumi Guncang Jawa Timur Dan Bali
Amien Rais Diperiksa Polda Metro Jaya Terkait Hoax Yang Dilakukan Ratna Sarumpaet
Seorang Pengasuh Cekoki Cabai Ke Bayi Hingga Tewas, Hukumannya Bikin Warganet Jadi Geram!

Facebook Comments
Please follow and like us:

1 tanggapan pada “Jawa Timur Dan Bali Diguncang Gempa Bumi 6,4 SR. Waga : Kami Siap-Siap Lari Ke Bukit”

  1. Pingback: Tips Agar Foto OOTD Makin Kece Dan Keren - Jaktimes

Tinggalkan Balasan