Makan Jengkol Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Loh!

Makan Jengkol Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Loh!

Makan Jengkol Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Loh!

Jengkol atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari di Malaysia, Myanmar, dan Thailand. Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan. Jengkol termasuk suku polong-polongan.

Jengkol, selain rasanya yang cukup lezat, ternyata jengkol juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bagi Kamu yang tidak menyukai jengkol, Kamu harus mengetahui beberapa manfaat baik mengonsumsi jengkol.

Menangkal radikal bebas

Racun atau radikal bebas akan mudah masuk ke dalam tubuh serta menimbulkan berbagai penyakit, hal tersebut yang akan terjadi apabila tubuh kita kekurangan antioksidan. Sebaiknya, mulai saat ini kamu rutin mengonsumsi jengkol. Mengapa? Karena, jengkol mengandung banyak antioksidan yakni polifenol, terpenoid, serta alkaloid yang mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh penyebab penyakit jantung, diabetes, dan gangguan metabolik lainnya. Wih keren kan si jengki 😀

Mencegah anemia

Jengkol kaya akan zat besi, di mana zat besi merupakan peran yang sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kamu pasti tahu, jika tubuh kekurangan zat besi, maka akan menyebabkan produksi sel darah merah berkurang. Hal tersebut akan menyebabkan berkurangnya suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh. Jika suplai oksigen dan nutrisi ke sel menurunkan maka fungsi atau kinerja sel juga akan menurun. Jadi jika seseorang memiliki kekurangan zat besi, dia akan terlihat lemah dan mudah lelah. Nah, banyak-banyak konsumsi jengkol ya. Apalagi bagi wanita yang sedang menstruasi.

Mencegah penyakit mag

Memiliki kebiasaan menunda makan atau telat makan akan menyebabkan penyakit mag. Jika Kamu memiliki mag, maka akan berdampak pada lambung dan tentu saja akan sangat berbahaya. Manfaat makan jengkol secara rutin ternyata bisa mencegah penyakit mag. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa tikus yang makan jengkol cenderung terlindungi dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti mag. Oleh sebab itu, mulai sekarang jangan membenci jengkol lagi!

Mengatasi penyakit jantung koroner

Jika kamu atau kerabatmu sedang menderita jantung koroner, jengkol sangat baik untuk dikonsumsi. Karena jengkol merupakan makanan yang bersifat diuretik (pembuangan urine menjadi halus). Jika pembuangan urine menjadi halus, maka akan sangat baik bagi penderita penyakit jantung.

Mengatasi penyempitan pada pembuluh darah

Biasanya penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga menyebabkan darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar. Nah, mineral yang terkandung di dalam jengkol dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit, serta dapat mencegah pembuluh darah menyempit kembali.

Merampingkan perut

Hayo ngaku siapa yang perutnya buncit? Siapa sangka jengkol bisa membantu merampingkan perut buncit. Kandungan serat yang tinggi pada jengkol, dapat melancarkann BAB sehingga secara tidak langsung akan membuat perut menjadi langsing. Sudah tahu kan salah satu penyebab perut buncit seseorang adalah karena buang air besarnya yang tidak lancar dan tidak teratur. Kayaknya cocok juga deh buat yang lagi diet haha

Mengontrol kadar gula darah

Khasiat dari jengkol lainnya yaitu dapat mengontrol kadar gula darah, jadi jengkol sangat baik untuk dikonsumsi oleh seorang penderita diabetes. Kandungan gula dalam jengkol merupakan gula yang paling mudah diurai sehingga aman bagi si penderita diabetes. Berbeda dengan gula pada makanan lain seperti makanan yang mengandung karbohidrat.

Menstabilkan organ vital di dalam tubuh

Jika asam folat dan vitamin B6 terpenuhi maka organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil. Maka tak heran jika ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat untuk perkembangan janin. Salah satunya yaitu jengkol. Namun jangan terlalu berlebihan karena konsumsi berlebihan jengkol akan kurang baik efeknya pada ginjal.

Gimana sudah tahu kan manfaatnya? Jadi jangan dipandang dari bau nya yang menyengat saja ya guys. Tapi jangan lupa, konsumsi dalam jumlah sewajarnya saja ya….

Baca Juga;

Melebihi Para Jenius , Wanita Ini Memiliki IQ Tertinggi Di Dunia
Aktor Kawakan Rudy Wowor Tutup Usia
Difonis Hukuman 5 Tahun Penjara Dan Denda 1 Milyar, Roro Fitria Pingsan

Facebook Comments
Please follow and like us:

1 tanggapan pada “Makan Jengkol Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Loh!”

  1. Pingback: Tips Diet Aman Dan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan - Jaktimes

Tinggalkan Balasan