Makan Yang Tepat Untuk Diet Yang Sehat

Makan Yang Tepat Untuk Diet Yang Sehat

Makan Yang Tepat Untuk Diet Yang Sehat

Makan Yang Tepat Untuk Diet Yang Sehat

Pada dasarnya, kelebihan berat badan terjadi akibat terlalu banyaknya kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak jahat.

Terus makanan-makanan apa dong yang tidak banyak kalorinya? Bikin kenyang gak? hehehe. Berikut adalah beberapa makanan sehat untuk diet mu :

Oatmeal

Salah satu makanan sehat yang paling banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet. Bahkan bisa dibilang oatmeal merupakan makanan wajib yang harus ada setiap hari dalam menu dietmu.

Sebuah studi yang  dilakukan selama 6 tahun oleh para peneliti dari University of California membuktikan bahwa dengan mengonsumsi outmeal sebagai menu diet sehat terbukti dapat membantu menurunkan berat badanmu. Penelitian tersebut menyatakan bahwa seseorang yang selalu sarapan dengan oatmeal, memiliki indeks massa tubuh lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan menu lain.

Hal tersebut terjadi dikarenakan oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat tinggi dengan nilai indeks glikemik yang rendah. Serta kandungan protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1 dalam oatmeal juga berfungsi untuk menghasilkan energi. Sehingga akan membuatmu tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas. Selain itu oatmeal juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol serta gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Apel

Salah satu buah yang paling mudah ditemukan dan paling banyak disukai orang ketika sedang diet yaitu apel. Buah yang meemiliki warna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang cukup baik serta mampu membantu usaha kamu dalam menurunkan berat badan. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya mengandung sebanyak 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat. Pas banget kannn….

Sementara itu serat larut air yang terkandung didalamnya ampuh membuat kamu tahan lapar lebih lama. Artinya kamu bisa menjadikan apel sebagai selingan untuk makanan diet sehat di sela-sela waktu makan, tujuannya agar kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah yang tak berlebihan. Tingkat indeks glikemik yang rendah pada apel juga aman bagi kamu yang memiliki diabetes.

 

 

Putih telur

Tidak seperti kuning telur, putih telur tinggi akan protein namun rendah lemak, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan diet kamu. Biasanya para binaragawan juga mengonsumsi putih telur kok sebagai menu diet sehat mereka. Jadi, dalam 100 gram putih telur mengandung protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk kandungan lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram saja. Karenanya kamu tak perlu khawatir jika memakan putih telur akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh.

Apalagi  putih telur juga sama sekali tidak mempunyai nilai indeks glikemik, khal tersebut karena putih telur tak memiliki kandungan karbohidrat, jadi untuk penderita diabetes aman banget nih mengonsumsi putih telur. Jangan lupa, variasikan konsumsi putih telur dengan menu diet sehat lainnya agar asupan nutrisi kamu tetap terpenuhi.

Brokoli

Salah satu sayuran hijau yang satu ini juga bisa banget jadikan sebagai salah satu makanan diet kamu. Hal tersebut karena brokoli memiliki kalori yang rendah namun kaya akan vitamin, serat, serta mineral.

Satu gelas yang penuh potongan brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara itu, brokoli memiliki kandunngan serat sebanyak 5 gram. Sehingga dapat membuatmu menjadi kenyang seharian. Brokoli juga bagus bagi penderita dibetes loh, karena brokoli mampu membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

Ikan

Kandungan lemak baik dalam ikan mampu membantu kamu menurutkan berat badan, loh. Tidak seperti daging, ikan mempunyai kandungan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan otak. Lemak seperti ini biasanya terdapat pada ikan perairan laut dalam seperti, salmon, tuna, san makarel.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan pada makan malamnya, cenderung memiliki asupan 11% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang makan daging. Agar manfaat ikan lebih optimal, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan cara digoreng. Karena proses memasak tersebut justru akan menyumbang lebih banyak lemak di tubuh Kamu.

Cemilan rendah kalori

Kalau kamu galau karena pengen diet tapi tetep pengen ngemil juga. Jangan hawatir, kamu masih bisa kok. Kan saat ini sudah banyak dipasaran yang menjual cemilan sehat, yang aman dikonsumsi buat kamu yang sedang diet. Tapi, tetap pastikan jika cemilan yang kamu konsumsi  rendah kalori dan rendah gula, ya.

Caranya, dengan memeriksa label nilai gizi yang tertera dalam kemasan makanan sebelum kamu membelinya. Perhatikan dengan cermat kandungan gula, lemak, serta kalori di dalam cemilan tersebut.

Good luck guys, jangan lupa cek timbangan mu yah^^

Baca Juga;

Wow Gugat Soal Merek Bensu, Ruben Onsu : “Itu kan singkatan nama sebenarnya!”
Tips Diet Aman Dan Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan
Makan Jengkol Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh, Loh!

Facebook Comments
Please follow and like us:

1 tanggapan pada “Makan Yang Tepat Untuk Diet Yang Sehat”

  1. Pingback: Tips Menghilangkan Noda Oli Pada Pakaian - Jaktimes

Tinggalkan Balasan