Manfaat Menakjubkan dari Kopi untuk Tubuh

Secangkir kopi di pagi hari mungkin akan memberi kesegaran, sama seperti kita habis berolahraga satu jam. Ya gak sih? Kopi merupakan minuman hasil dari seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Komoditas yang dibudidayakan lebih dari 50 negara ini memiliki dua varietas yang sudah dikenal secara umum yakni Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Dilansir dari Journal of Applied Social Psychology, terlalu banyak konsumsi kopi dapat menurunkan kepercayaan diri dan tingkat konsentrasi kita apabila sedang berada di bawah situasi penuh tekanan. Hal tersebut tentu bertentangan dengan kepercayaan para penggila kopi. Tapi jangan khawatir akan hal tersebut, karena sebuah riset terbaru menyatakan bahwa kopi bisa menjadi stimulan yang sangat membantu bila dikonsumsi dengan cara dan jumlah yang benar.

Berikut ini adalah manfaat menakjubkan yang bisa Anda dapatkan dari kegemaran anda meminum kopi :

 

  1. Melawan Penyakit Kanker

Lebih dari 1000 riset yang dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia, telah ditemukan kesimpulan bahwa mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 15 %. Padahal sebelumnya, kopi diduga sebagai zat karsinogen (zat penyebab kangker). Namun, pendapat tersebut dibantah oleh The World Health Organization yang menyatakan bahwa sama sekali tidak ada hubungannya antara kopi dengan penyebab kanker.

  1. Mengatasi Kerusakan Hati

Mengkonsumsi kopi juga dapat mengatasi kerusakan hati loh. Saat anda mengkonsumsi alkohol terlalu banyak maka akan beresiko mengalami kerusakan hati. Jadi untuk membantu mengatasi hal tersebut, anda bisa meminum kopi. Menurut beberapa riset, minum kopi ternyata dapat mengurangi kerusakan hati akibat kecanduan alkohol. Minum dua cangkir kopi sehari mengurangi risiko sirosis hati hingga 44 %. Walau demikian, terlalu banyak kopi akan berakibat buruk bagi bagian tubuh lainnya. Jadi biasakan jangan terlalu berlebihan dalam hal apa pun ya.

 

  1. Membakar Lemak Dalam Tubuh

Siapa yang gak bisa tidur setelah meminum secangkir kopi? Lebih dari itu, ternyata kopi tidak hanya membuat anda terjaga tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.
Mengkonsumsi kafein sebelum aktivitas fisik ternyata dapat membangkitkan energi lewat pembakaran lemak. Minumlah secangkir kopi sebelum berolah raga dan lakukan gerakan yang berfokus pada pembakaran lemak untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Meningkatkani Daya Ingat

Peneliti dari Johns Hopkins University menemukan bahwa kafein meningkatkan kemampuan otak untuk menciptakan ingatan dalam jangka panjang. Mengkonsumsi 200mg kopi setiap hari dapat meningkatkan kemampuan otak anda untuk merekam dan mengingat banyak hal. Keren kan.

 

  1. Meningkatkan Mood

Para pecinta kopi mendapatkan satu alasan lagi untuk meneruskan menyeruput kopi. Karena menurut penelitian dari Harvard’s School of Public Health, kopi bisa membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik. Penelitian menemukan fakta bahwa kopi berfungsi sebagai antidepresan. Wah cocok banget nih buat kalian yang moody

 

  1. Memperpanjang Usia

Dr. Veronica Setiawan, dari University of Southern California mengatakan, “Kami tidak bisa mengatakan bahwa minum kopi bisa memperpanjang umur Anda, namun kami melihat hubungannya. Kopi memiliki banyak antioksidan dan senyawa phenolic yang memiliki peran penting dalam pencegahan kanker.”  Penelitian mendapati  bahwa seseorang yang minum kopi setidaknya dua atau tiga kali sehari memiliki kemungkinan 18 % panjang umur. Senyawa antioksidan yang ada dalam kopi lah yang memberi efek perpanjangan umur.

Udah pada ngopi belum? Diem – diem bae 😀

 

Baca juga:

Bocoran Tren Fashion Yang Bakal Hitz Tahun 2019

Bocorkan Soal Gaji Yang Diberikan Oleh Keluarga Ashanty, Netizen Heboh

Tewas Mengenaskan Menggunakan Headset Saat HP Sedang dicas

Maratua, Surga Yang Jatuh Di Tanah Borneo!

Facebook Comments
Please follow and like us: