Mangga Alpukat, Buah Langka Yang Lagi Ngehitz!

Mangga Alpukat, Mangga Langka dari Pasuruan, Jawa Timur. Buah mangga ini terbilang langka, karena susah ditemukan di pasaran. Mangga alpukat bisa dipanen sekitar 3-4 bulan setiap tahunnya. Untuk diketahui, buah mangga alpukat asal kecamatan Rembang ini sebelum didaftarkan sebagai varietas unggul khas dan asli Pasuruan,sebenarnya telah berkembang dalam skala komersial di Kabupaten Pasuruan sejak tahun 1994, melalui program Pembangunan Pertanian Rakyat Terpadu. Sekarang mangga alpukat telah berkembang sebanyak 3.925 Ha dengan jumlah tanaman 337.375 pohon dan didukung dengan pusat pemasaran lokal, regional serta nasional.

Pada dasarnya, mangga alpukat adalah mangga gadung 21 yang sering disamakan dengan mangga arumanis 143. Ini karena keduanya memiliki bentuk yang mirip. Meskipun begitu, sebenarnya kedua jenis mangga ini memiliki beberapa perbedaan. Gadung 21 memiliki ukuran buah yang lebih besar dengan pangkal buahnya lebih bulat dibandingkan dengan mangga arumanis 143. Gadung 21 juga memiliki kandungan pati yang lebih tinggi dibandingkan dengan arumanis 143. Inilah sesungguhnya yang menybabkan kedua jenis mangga ini memiliki cita rasa yang berbeda.

Keistimewaan mangga jenis ini rasanya lebih manis dan tahan lama, berbeda dari jenis mangga yang dikenal masyarakat pada umumnya. Cara menikmatinya juga praktis, tidak perlu dikupas, tapi cukup dibelah menjadi dua bagian, sama seperti saat kita akan mengonsumsi buah alpukat. Lalu daging buahnya dapat langsung dimakan menggunakan sendok seperti makan buah alpukat. Itulah kenapa mangga ini disebut dengan mangga alpukat.

Tapi harus diingat. Supaya mangga bisa dinikmati dengan cara seperti itu, buah mangga alpukat harus dipanen pada saat masak di pohon.

Meski lagi hits parah, buah mangga yang satu ini bisa dibilang langka ya gegngs!

Baca Juga:

PS 5 Bakal Rilis Pada 2019
Bocah Umur 10 Tahun Dekap Dan Sodomi Balita Hingga Tewas
91 Gempa Susulan Guncang Sulawesi Tengah Hingga Sabtu Pagi

Facebook Comments
Please follow and like us:

2 tanggapan pada “Mangga Alpukat, Buah Langka Yang Lagi Ngehitz!”

  1. Pingback: Referensi Tempat Belanja di Bangkok Yang Aman Dikantong - Jaktimes

  2. Pingback: Kepiting Vs Ranjungan - Jaktimes

Tinggalkan Balasan