Untuk Peringati Hari Kopi Internasional, Ada 500 Cangkir Kopi Gratis

Setiap hal penting di dunia ini harus dirayakan dengan suka cita. Termasuk kopi yang sudah menjadi bagian hidup para penikmatnya. Hari ini tepat tanggal 01 Oktober, seluruh dunia peringati Hari Kopi Internasiobal.

Termasuk komunitas kopi asal Banyumas ini. Bagikan kopi khas Banyumas sebanyak 500 cangkir secara geratis pada msyarakat Purwokerto. Komunitas Juguran Kopi Banyumas ini tak mau ketinggalan ikut serta peringati Hari Kopi Internasional.

“Kegiatan ini untuk memperingati Hari Kopi Internasional. Tujuan utamanya kita ingin mengenalkan lebih dekat lagi kopi lokal pada masyarakat yang ada di Banyumas khususnya,” ujar , Willy Umkaro, sekertaris komunitas Juguran Kopi Banyumas, Minggu (30/9/2018).

Kegiatan yang mereka adakan di halaman Kedai Kopkali Komplek GOR Satria Purwokerto itu menyedot perhatian masyarakat Kota Purwokerto yang melakukan kegiatan di sekitar GOR Satria pada hari Minggu. Menurut Willy, selain fokus pada pengenalan kopi lokal asal Banyumas,komunitasnya juga fokus pada edukasi di tingkat hilir yakni pada petani kopi itu sendiri.

Komunitas Juguran Kopi Banyumas rata – rata anggotanya berasal dari petani kopi, pegiat atau pemilik kedai kopi, prosesor kopi sampai peminum atau penikmat kopi di Banyumas.

“Jadi (kopi yang ditampilkan) ada beberapa dari petani yang sudah teredukasi dan ada yang sedang peoses edukasi. Kita juga sedang garap beberapa di hulu, makanya kita juga harus share ke teman-teman semua untuk bisa menikmati kopi-kopi yang sudah kita proses,” katanya.

Citarasa kopi Banyumas yang merupakan jenis robusta cukup menarik. Apalagi seperti yang ada di Dusun Peninis, Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng dengan pola pasca panennya yang sudah membaik. Jadi dengan adanya peringatan Hari Kopi Dunia ia berharap masyarakat Banyumas dapat menghargai kopi, terutama kopi lokal asal daerahnya sendiri.

“Kita ingin peminum kopi terus bertambah, paling tidak beralih dari kopi-kopi sachet pindah ke kopi yang pengolahannya pakai kopi dari Banyumas.

Selain juga mengangkat potensi lokal dan dikuatkan dengan peminum kopi lokalnya. Sekarang kalau petani diedukasi terus tapi peminumnya tidak ada juga percuma, jadi harus keduanya keangkat,” jelasnya.

Selain berfokus pada pemberdayaan petani kopi dari hulu hingga kehilir, banyak kegiatan dari komunitas ini yang selama ini sebenarnya sudah dilakukan. Salah satunya yaitu mengadakan berbagai kegiatan seperti Juguran Kopi Latte Art. Disana para peserta dari tingkat nasional berkompetisi dengan menuangkan imajinasi kreatifnya menggambar di atas buih kopi.

Seperti yang ia sampaikan, bahwa pada tanggal 24 oktober mendatang Komunitas ini akan kembali mengadakan kompetisi. Aturan dalam kompetisi tersebut yakni peserta harus membawakan kopi lokal serta peserta yang mengikuti kompetisi harus orang – orang lokal juga.

“Untuk tahun 2018 ini, tanggal 24 Oktober nanti kami akan membuat kompetisi kopi lokal dari 5 Kabupaten di Banyumas Raya. Peserta harus membawa kopi lokal dengan orang-orang lokal. Kemudian setiap regional harus mengirimkan lima peserta dan akan dinilai oleh juri dari tingkat internasional,” jelasnya menambahkan.

So, tanggal 1 Oktober ini gimana cara kamu ngerayain Hari Kopi Internasional? Apa mau bagi – bagi kopi geratis juga? Apapun itu, lakukan hal yang positif ya.

Baca Juga:
Referensi Tempat Belanja di Bangkok Yang Aman Dikantong
Mangga Alpukat, Buah Langka Yang Lagi Ngehitz!
Tempat Kekinian Buat Nongkrong Di Bandung

Facebook Comments
Please follow and like us:

2 tanggapan pada “Untuk Peringati Hari Kopi Internasional, Ada 500 Cangkir Kopi Gratis”

  1. Pingback: 02 Oktober, Peringatan Hari Batik Nasional - Jaktimes

  2. Pingback: Efek Berbahaya Akibat Suntik Putih - Jaktimes

Tinggalkan Balasan